Ketahui Tips Memilih Kambing Kurban Saat Memutuskan Jual Kambing Kurban

Hari raya Idul Adha atau lebih dikenal dengan hari raya kurban. Kurban dalam bahasa arab memiliki arti dekat atau mendekatkan. Sedangkan dalam bahasa harfiah kurban berarti hewan sembelihan. Hari raya kurban atau hari raya idul Adha jatuh pada bulan Dzulhijjah yaitu tepatnya jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah. Jual kambing kurban di bulan tersebut biasanya sudah mulai banyak bertebaran di daerah manapun. Lalu bagaimana ya cara memilih hewan kurban yang baik?

Hewan kurban yang biasanya digunakan untuk berkurban pada hari raya idul Adha adalah sapi dan juga kambing. Kambing ataupun sapi yang akan digunakan dalam hari raya Kurban tidaklah sembarangan, terdapat beberapa ketentuan yang ditetapkan untuk hewan kurban, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk memilih kambing yang baik dan benar menurut ajaran Islam. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba jual kambing kurban, simak tips dalam memilih kambing kurban yang baik menurut ajaran Islam, agar para pelanggan menjatuhkan pilihan kambingnya kepada Anda.

Tips memilih kambing kurban yang baik dan benar menurut ajaran Islam

1. Kambing yang dijadikan kurban tidak mengalami kecacatan. Kecacatan dalam hal ini yaitu kambing tidak boleh mengalami kebutaan, pincang, sakit, dan juga tidak boleh kambing yang kurus.

2. Hewan kurban merupakan hewan dengan kepemilikan yang sah, kepemilikan yang sah dalam hal satu ini adalah hewan tersebut bukan dari hasil merampas, mencuri, hasil riba, uang haram ataupun bukan merupakan hewan akad perjanjian yang tidak sah.

3. Usia kambing kurban sudah genap 1 tahun dan masuk pada tahun kedua.

4. Dalam memilih kambing kurban, pilihlah kambing yang memiliki badan yang sehat bulu yang halus, mata yang jernih serta kambing yang memiliki selara makan dan minum yang baik, dalam hal ini kambing tersebut lahap saat makan dan minum.

5. Bila mana perlu, pilihlah hewan kurban dalam hal ini kambing dengan jenis kelamin laki-laki atau jantan. Namun, kambing dengan jenis kelamin wanita pun sah untuk dijadikan hewan kurban.

6. Pilihlah hewan kurban yang bertanduk, kambing yang bertanduk lebih utama dibanding dengan kambing yang tidak atau belum bertanduk, meskipun kambing yang tidak bertanduk, asalkan sudah masuk umur 1 tahun tetap sah untuk di korbankan.

7. Pilihlah kambing yang berwarna putih. Beberapa sumber mengatakan bahwa ada baiknya untuk memilih kambing kurban, pilihlah kambing dengan warna badan putih.

Itulah beberapa tips mengenai cara memilih kambing yang baik menurut Islam. Untuk Anda yang ingin beli atau jual kambing kurban. Perhatikan beberapa tips atau syarat di atas. Saat memilih kambing kurban, Anda akan dihadapkan pada beberapa pertimbangan. Global Qurban dapat membantu Anda dalam memilih kambing kurban yang baik. Mengetahui info banyak tentang jual kambing kurban juga dapat Anda temukan di Global Qurban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *