Pentingnya Hukum Qurban Dalam Islam

Semua umat muslim setiap tanggal 10 Dzulhijjah atau tepat saat Idul Adha akan melaksanakan solat Ied. Kemudian setelah itu selalu diadakannya penyembelihan hewan kurban. Hewan kurban yang biasanya digunakan adalah sapi, kambing, domba, kerbau, atau unta. Hewan kurban ini dipilih dengan memenuhi persyaratan tertentu yang ada dalam hukum qurban dalam Islam. Hewan harus memenuhi persyaratan seperti tidak boleh ada cacat yang terlihat oleh kasat mata, kemudian tidak boleh sakit karena sejatinya Islam juga melarang membunuh hewan yang sakit, tidak boleh ada pincang atau mempunyai daging yang kurus dan kering. Oleh sebab itu umat muslim yang akan melaksanakan kurban harus memilih hewan kurban yang sangat baik.

Berkurban ini merupakan suatu hal yang selalu dilakukan setiap tahunnya, dan mengenai hewan kurban yang dipilih tentu mempunyai suatu harga tertentu yang berbeda. Sehingga hukum qurban dalam Islam mengharuskan umat muslim yang mempunyai rezeki berlebih untuk berkurban, karena seperti yang sudah diketahui bersama bahwa rezeki yang kita miliki merupakan pemberian dari Allah. Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika kita mensyukuri rezeki yang telah diberikan Allah tersebut dengan menyisihkan sebagian rezekinya untuk keperluan agama. Allah senantiasa akan senang ketika hamba-hambanya dapat menyisihkan sebagian rezeki yang telah didapatnya dengan menyisihkannya untuk kepentingan agama. Sedangkan untuk umat muslim yang belum mendapatkan rezeki, ataupun yang mempunyai rezeki yang pas-pasan dan belum cukup untuk berkurban, tidak diwajibkan untuk berkurban, karena dengan niat baik ingin berkurban Allah juga telah mencatatnya.

Berkurban mempunyai banyak manfaat dalam kehidupan kita. Dalam hukum qurban dalam Islam, manfaat berkurban dapat menjadi bekal amalan untuk di hari akhir nanti. Semakin kita sering berkurban maka akan semakin banyak amalan yang kita tabung. Tetapi amalan tersebut dengan hati yang ikhlas dan niat baik tanpa dibarengi dengan sombong maupun riya. Selain itu juga berkurban dapat membantu kita mempererat tali silaturahmi. Dengan berkurban yang mulai diadakan dengan pemilihan hewan kurban, kemudian penyembelihan hewan kurban dan membagikannya dengan orang-orang yang lebih membutuhkan maka akan mempererat tali silaturahmi. Selain itu, dengan menyisihkan sebagian rezeki kita maka Allah akan menggantinya dengan rezeki yang lebih berkah lagi. Oleh sebab itu, jangan pernah ragu untuk memulai beramal baik dengan berkurban.

Untuk pemilihan hewan kurban sendiri, baik itu dengan sapi, kambing, ataupun hewan lainnya tidak akan masalah di mata Allah. Dalam hukum qurban dalam Islam disebutkan bahwa besar kecilnya, mahal tidaknya hewan kurban akan sama saja di mata Allah, karena itu yang terpenting dalam berkurban adalah niat ibadah dan ikhlas dalam menjalankannya. Oleh sebab itu teguhkan hati dan niatkan untuk beramal, agar rezeki yang sudah dikeluarkan dan usaha yang sudah dilakukan tidak akan sia-sia di mata Allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *